Saturday, November 16, 2013

Ternak Kelinci sebagai hobi dan peluang bisnis

Sebagaimana yang telah kita tahu, kelinci merupakan  salah satu hewan yg  sejak dulu gemar dipelihara oleh pecinta binatang. Penampilan yg lucu dan menggemaskan membuat kelinci mudah diterima oleh pecinta binatang ternak. Memelihara kelinci bukanlah hal yang rumit, semua orang bisa untuk memelihara atau bahkan mengembangbiakkannya. Yang utama adalah tekad dan kemauan. Selain untuk hias, kelinci juga bisa diternak untuk tujuan diambil dagingnya.

Selama ini banyak orang yang memelihara kelinci hanya sebagai hobi. Ada juga yang memlihara kelinci untuk diternak atau untuk dikembangbiakan tapi hanya sekedar sambilan saja. Sebenarnya kelinci memiliki prospek yang bagus kedapannya untuk diternakkan. Perkembangan kelinci yang relatif cepat, perawatan yang mudah, tidak memerlukan tempat yang terlalu luas membuat ternak kelinci seharusnya bisa menjadi primadona di tanah air. Dan yang lebih penting lagi kandung gizi yang terdapat di daging kelinci. Ternyata kelinci memiliki kandungan protein yang lebih tinggi  dari ayam maupun sapi.

Kelinci memiliki kandungan protein mencapai 21 % dan kadar lemaknya hanya 8%. Sementara daging ayam proteinnya 19,5% dan lemak 12% dan daging sapi Protein 15,5% dan lemaknya mencapai 35%. Berarti daging kelinci sebenarnya lebih baik dari daging ayam maupun sapi. Hanya memang saat ini kepopuleran daging sapi dan ayam masih diatas daging kelinci.

Kelinci dikenal memiliki perkembangbiakan yang cepat. Dalam setahun kelinci bisa bunting 10 sampai 11 kali dengan sekali bunting bisa melahirkan 2 sampai 10 ekor  kelinci. Bayangkan jika punya 5 induk kelinci, dalam dua tahun bisa-bisa setara dengan 1 ekor sapi.
Saya pernah membaca suatu artikel yang menyebut ternak kelinci akan mulai dirasa menghasilkan bila memelihara 12-15 indukan. Dari jumlah tersebut bisa dihasilkan uang sampai 400ribu per bulan. Woww, lumayan bukan?

Tulisan pendek  ini saya buat untuk memotivasi diri saya sendiri dan mungkin teman-teman sekalian yang memang hobi memelihara kelinci. Meski saat ini kelinci masih dianggap sebelah mata oleh sebagian orang, itu tidak menyurutkan niat saya untuk memulai dengan serius ternak kelinci ini. Dan saya berharap suatu saat nanti dengan kelinci, perekonomian di negara ini bisa lebih baik dan seperti halnya daging sapi sekarang yang bisa menjadi komoditi pakan yang populer dimata masyarakat.


Dan karena ketidaktahuan, saya akan senang  jika ada yang mau berbagi soal ternak kelinci ataupun hal lain yang behubungan dengan kelinci. Salam Super Krikiti..

No comments:

Post a Comment