Wednesday, May 28, 2014

Pemberian Pakan Pada Ternak Kelinci


Seperti yang sudah kita tahu kelinci adalah hewan yang makanan utamanya adalah rerumputan atau dedaunan atau yang biasa disebut hewan herbivora. Kelinci adalah hewan yang membutuhkan serat yang tinggi dalam makanannya karena memang sistem pencernaan kelinci yang memang menuntut hal tersebut.
Oleh karena itu sebenarnya hanya dengan memakan rumput saja kelinci sudah mampu bertahan hidup. Tapi tentu  kelinci juga membutuhkan zat lainnya seperti halnya makhluk hidup pada umumnya.

Dalam pemberian pakan pada ternak kelinci bisa disesuaikan dengan pola pemeliharaan kelinci. Apakah kelinci dipelihara dengan cara diumbar atau di kandangkan. Untuk kelinci yang diumbar, biasanya kelinci lokal (jawa) yang dipelihara dengan metode ini. Para peternak kelinci di pedesaan biasanya hanya
memberikan pakan berupa rumput dan hal tersebut tidak menjadi masalah karena kelinci masih dapat berkembng biak dengan baik.

Selain dengan diumbar kelinci bisa juga dipelihara dengan cara dikandangkan secara khusus, biasanya kelinci yang dipelihara dengan metode ini adalah kelinci ras yang berasal dari luar negeri yang dikembangbiakan oleh peternak lokal. Pemberian pakan pada kelinci jenis ras ini biasanya kurang baik kalau hanya diberikan rumput saja, karena itu perlu adanya pakan tambahan yang bisa menunjang kesehatan, tingkat pertumbuhan dan perkembngbiakannya.

Pakan tambahan pada ternak kelinci dapat berupa konsentrat atau pelet khusus keelinci. Konsentrat merupakan pakan yang digunakan untuk mencukupi kekurangan zat-zat utama pada ransum seperti protein, karbohidrat, dan lemak.

Untuk pemberian pakan pada ternak kelinci berbeda beda antara satu peternak dengan peternak lainnya. Ada yan memberiakan pakan pada pagi dan sore hari, ada juga yang 3 kali sehari, pagi siang dan sore. tapi pada intinya yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan pada ternak kelinci adalah waktu pemberian pakan yang harus teratur, selalu sama antara hari ini, besok, dan seterusnya agar sistem pencernaan kelinci dpat menyesuaikan pola makan tersebut. Selain waktu pemberian pakan perhatikan juga gizi dari pakan yang diberikan.

Untuk kelinci yang sedang bunting maupun menyusui pemberian pakan dapat diperbanyak karena kebutuhan akan pakan yang meningkat pula. Mungkin itu hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan ternak kelinci dan untuk bisa sukses di ternak kelinci perlu adanya pengalaman dari waktu ke waktu. karen seiring dengan bertambahnya pengalaman maka akan semakin mudah dalam ternak kelinci ini. Semoga tulisan pendek saya ini bermanfaat yaaaa....

No comments:

Post a Comment